10 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus dari Rumah atau Kantor Anda

0
10

Tikus merupakan hewan pengerat yang kerap mengganggu di dalam rumah. Selain mengotori perabotan, tikus juga seringkali memakan dan merusaknya. Hal ini, tentu membuat tidak nyaman penghuni rumah ataupun karyawan di kantor.

Berbagai cara dilakukan untuk membasmi tikus, baik yang dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa pembasmi tikus. Berikut ulasannya.

Lada Bubuk

sumber gambar: netralnews

salah satu cara ampuh untuk mengusir tikus dari dalam rumah, adalah menggunakan lada bubuk. Lada bubuk dapat ditaruh di tempat yang seringkali didatangi oleh Tikus. Ataupun, dapat juga ditaruh di tempat persembunyian tikus. lada mengandung senyawa piperin yang terbukti memiliki efek yang sangat menyengat sehingga membuat tikus merasa tergganggu dan akhirnya pergi.

Irisan Bawang

sumber: tribunnews

Siapa kira, ternyata bawang merupakan salah satu pembasmi tikus yang efektif. Hal ini, karena tikus sama sekali tidak menyukai aroma dari bawang. Anda dapat meletakkan irisan bawang di tempat persembunyian, atau pojok rumah yang seringkali di-datangi oleh tikus. Bila sudah melakukan hal tersebut, tikus tidak akan betah dan akhirnya pergi.

Kulit Telur

sumber gambar: tribunnews

Kulit telur selalu dibuang? mulai sekarang, jangan dulu, apalagi jika di rumah Anda, tikus dianggap mulai mengganggu. Ternyata, kulit telur dapat digunakan untuk mengusir tikus. Anda cukup menghaluskan kulit telur sehingga menjadi bubuk. Selanjutnya, taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat atau pojok rumah yang seringkali dilewati oleh Tikus.

Kulit Durian

sumber gambar: harapanrakyat.com

Buah durian yang Anda beli dengan harga yang cukup mahal, ternyata kulitnya dapat digunakan untuk ampuh mengusir tikus. Kulit durian dipotong terlebih dahulu dan setelahnya disimpan di tempat atau pojok rumah yang seringkali dilewati oleh tikus. Aroma yang dihasilkan dari kulit durian tersebut dapat mengusir tikus yang mengganggu di dalam rumah anda.

Bubuk atau Saus Cabai Campur Detergen dan Air

sumber gambar: pakaroti.com

Bila di rumah Anda, terdapat saus cabai dan deterjen, campuran keduanya dapat digunakan untuk mengusir tikus. Cukup Anda campurkan dan ditambahkan dengan air. Selanjutnya, campuran tersebut dimasukan ke dalam botol semprotan. Ketika Anda melihat tikus berkeliaran di rumah, Anda cukup semprotkan cairan tersebut dan hal ini akan membuat tikus merasa panas dan pergi dari rumah Anda.

Minyak Peppermint

sumber gambar: idntimes

Tikus termasuk hewan pengerat yang tidak tahan akan bau yang begitu menyengat. Sehingga, minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusirnya. Caranya, Anda dapat mencelupkan bberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint yang telah disiapkan. Selanjutnya, simpan di tempat atau pojok rumah yang rawan akan diganggu oleh tikus.

Daun Mint

sumber gambar: alodokter.com

Sepeti yang disampaikan sebelumnya, tikus tidak tahan dengan aroma yang begitu menyengat. Aroma daun mint dapat membuat tikus menjadi lemas. Anda dapat melakukannya dengan menyiapkan seikat daun mint dan ambil sari dari daun mint tersebut untuk dilarutkan dalam air.

Baking Soda

sumber gambar: kompas.com

Anda dapat menggunakan baking soda ini untuk mengusir tikus. Caranya, campurkan ke makanan yang seringkali menjadi incaran tikus. Ketika tikus memakan makanan yang mengandung baking soda, tubuhnya akan menggembung. Tikus tidak akan mati di tempat, namun akan pergi ke tempat terbuka dan kemudian mati karena menahan gas yang dihasilkan dari baking soda tersebut.

Buah Mengkudu

sumber gambar: alodokter

Hancurkan buah mengkudu dan larutkan ke dalam air. Anda dapat menggunakan larutan tersebut untuk mengusir tikus dengan menyemprotkannya ke tempat atau pojok yang ditinggali tikus. Hal ini dapat mengusir tikus dan membuat rumah Anda terbebas dari gangguan hewan pengerat ini.

Menggunakan Jasa Pembasmi Tikus

sumber gambar: fumida.co.id

Bila Anda termasuk yang memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup padat atau menginginkan tindakan yang cepat dan berkualitas, Anda dapat mencoba untuk menggunakan jasa pembasmi tikus, khususnya bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Salahsatu contohnya adalah Fumida yang menawarkan jasa pembasmi tikus bagi rumah ataupun kantor di sekitar Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here