5 Alasan Mengapa Sosial Media Sangat Penting untuk Perkembangan Bisnis Anda

0
6

Social media merupakan sebuah media dimana semua orang dapat berpartisipasi, berbagi, serta membuat konten dan tulisan. Di era digital sekarang, media sosial ini sudah digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Dengan melihat data seperti itu, kita tahu bahwa social media adalah salah satu sarana penting sebagai media penyebaran informasi. Penyebaran ini tidak melulu mengenai suatu hal yang perlu dikomunikasikan saja, bahkan dapat menjadi salah satu sarana untuk pemasaran bisnis Anda.

Sebagai seorang pengusaha yang baru mulai membangun bisnis, menemukan pangsa pasar yang tepat merupakan suatu hal yang sulit. Namun, hal tersebut dapat tercapai dengan mudah apabila menggunakan social media.

Berikut beberapa alasan mengapa social media sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis.

Mengenal Pelanggan Lebih Dekat

Mengenal Pelanggan Lebih Dekat

Kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Dengan memiliki social media untuk bisnis, maka proses pengenalan pada pelanggan menjadi lebih mudah.

Misalnya saja dengan menggunakan Facebook sebagai salah satu pemanfaatannya. Anda dapat menggunakan Facebook Insight untuk lebih mempelajari pengguna yang sesuai dengan target bisnis Anda.

Informasi ini tentu sangat membantu untuk proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakannya, Anda juga perlu menyesuaikan dengan tren yang sesuai dengan usia pengguna. Selain itu juga penting untuk membuat konten yang menarik sebagai media promosi brand atau bisnis Anda.

Mendengar Keinginan Pelanggan

Untuk meningkatkan kualitas bisnis, feedback dari konsumen merupakan suatu hal yang penting. Baik itu bersifat positif maupun negatif. Dengan social media, Anda dapat mendapatkan umpan balik tersebut dengan lebih cepat dari pelanggan. Entah itu berupa komentar pada postingan Anda ataupun pengguna mengirimkan pesannya melalui direct message.

Selain itu, dengan social media juga kita memahami apa yang pengguna butuhkan dan inginkan. Sehingga, social media juga dapat menjadi sebuah alat untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap jasa maupun produk yang Anda miliki.

Merespon dengan Cepat

Merespon Cepat Feedback Pelanggan

Apabila pelanggan sudah memberikan feedback kepada Anda sebagai pengusaha, maka Anda perlu bergerak cepat untuk mengatasi suatu permasalahan apabila terjadi.

Dengan social media, suatu permasalahan akan dengan cepat menyebar kepada orang lain. Sehingga sebagai pengusaha yang baik sangat perlu untuk cepat mengatasi permasalahan yang terjadi pada produk maupun jasa yang Anda miliki.

Jangan abaikan suatu komentar pun pada social media. Cobalah untuk membuat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui social media.

Melihat Persaingan Pasar

Melalui social media, Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai kompetitor dari bisnis Anda. Dari data tersebut, Anda dapat menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangan dari pesaing Anda.

Anda dapat melihat akun dari pesaing Anda dan periksa bagaimana strategi mereka dalam memasarkan produknya.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda menjadi lebih mampu untuk membuat strategi yang tepat dalam pemasaran Anda yang sesuai dengan target pasar Anda.

Anda juga bisa mulai membuat promo digital dengan membagikan referal code atau membuat kegiatan social media seperti kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.

Meningkatkan Pengunjung Website

Tingkatkan Kunjungan Pelanggan pada Website

Dengan semakin banyaknya orang yang mengunjungi website bisnis Anda, maka peluang adanya transaksi pun menjadi semakin besar. Dalam hal ini, social media berperan untuk membantu meningkatkan traffic pada website Anda.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memberikan link menuju website pada setiap konten yang Anda post pada akun bisnis social media Anda. Namun perlu diingat, konten tersebut haruslah relate dengan link yang Anda bagikan tersebut.

Itulah beberapa alasan mengapa bisnis sangat membutuhkan social media di era teknologi saat ini. Jika Anda tidak memahami mengenai social media marketing, Anda membutuhkan seseorang yang memang ahli di bidang ini.

Anda dapat menemukan pakar social media marketing terbaik di Sribu.com. Dimana situs tersebut merupakan situs freelancer yang dapat mempertemukan Anda dengan seseorang yang ahli di bidang yang Anda perlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here