5 Fakta Mengenai Suku Sunda yang Wajib Kamu Ketahui

0
3

suku Sunda merupakan nama dari salah satu suku yang ada di pulau Jawa, Indonesia. Rouffaer (1905, hlm.16) mengatakan bahwa kata Sunda berasal dari akar kata Sund atau Suddha yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya adalah bersinar, terang, berkilau, atau putih. Suku Sunda menggunakan bahasa Sunda yang merupakan sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia.

Penutur Bahasa Sunda setidaknya berjumlah 42 juta orang dan merupakan bahasa Ibu kedua setelah Bahasa Jawa dengan penutur terbanyak. Lantas, apa saja fakta mengenai suku Sunda? Berikut ulasannya.

 Memiliki Budi Pekerti yang Luhur dan Sopan Santun

Orang Sunda sudah lama dikenal sebagai orang-orang yang memiliki sifat ramah di Indonesia. Keramahan dari orang-orang Sunda dapat dilihat ketika mereka menyapa dengan tersenyum sembali menyampaikan sapaan kepada orang yang ditemuinya. Selain itu, tutur kata dan bahasa yang digunakan pun santun dengan cengkok yang khas orang Sunda.

 Tidak bisa menyebut huruf ‘F’

Bila mendengar fakta ini, sepertinya sedikit aneh, namun faktanya memang begitu. Sebagian besar masyarakat Sunda kesulitan bahkan tidak bisa melafalkan huruf “F” dan menggantinya dengan pelafalan huruf “P”. Ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini. Disinyalir, kesulitan untuk pelafalan huruf “F” karena huruf tersebut memang tidak dikenal dalam aksara Sunda (Cacarakan). Selanjutnya, hal ini secara turun temurun menjadi suatu kebiasaan di kalangan masyarakat Sunda.

 Religius

Masyarakat Sunda dikenal juga dengan masyarakat yang taat beribadah alias religius. Hal ini dapat dilihat dari pondok pesantren dan juga masjid yang akan sering ditemui, khususnya di Tasikmalaya dan Cianjur. Pondok Pesantren ini merupakan sarana untuk menuntut ilmu agama. Selain itu, masyarakat Sunda juga memiliki slogan, “Biarpun hidup susah maupun sukses, yang penting jangan meninggalkan sholat”. Selain itu, slogan-slogan islami tersebut dapat juga dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Bogor Beriman, Cianjur Gerbang Marhamah, dan lain sebagainya.

Kebiasaan Menyantap Lalapan dan Sambal

Penelitian sosiologi mengungkapkan bahwa kebiasaan masyarakat Sunda dalam mengonsumsi lalapan tidak lepas dari budaya maupun karakter masyarakatnya serta kondisi geografis di Jawa Barat yang dikelilingi oleh pegunungan. Hal ini yang kemudian menjadikan daerah di Jawa Barat sebagai daerah yang sangat subur. Jenis tanaman dapat tumbuh di tanah Sunda. Selain itu, kondisi cuaca yang sejuk dan dingin berpengaruh kepada kebiasaan konsumsi masyarakatnya, salah satunya adalah mengonsumsi cabai. Keadaan alam yang dingin itu membuat masyarakat Sunda mengonsumsi cabai yang dapat meningkatkan rasa panas dari dalam tubuh. Sehingga bila Anda berkunjung ke rumah makan Sunda tidak perlu heran bila menemukan menu lalapan dengan sambal yang pedas.

 Berkulit Putih

Kondisi geografis di tanah Sunda yang dikelilingi pegunungan serta cuaca yang relatif sejuk menyebabkan mayoritas orang Sunda memiliki kulit yang tergolongputih dan berseri. Selain karena kondisi cuaca, hal ini juga disebabkan kebiasaan masyarakat Sunda yang memakan sayuran segar. Seperit yang diketahui, bahwa mengonsumsi sayuran segar salah satunya berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga, tidak heran orang-orang Sunda banyak yang memiliki kulit sehat dengan tampang yang rupawan.

Demikian ulasan mengenai 5 Fakta Mengenai Suku Sunda yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here