Beranda Serba-serbi Otomotif 5 Langkah Agar Anda Terhindar dari Sakit Pinggang dan Leher saat Berkendara

5 Langkah Agar Anda Terhindar dari Sakit Pinggang dan Leher saat Berkendara

0
6
langkah menghindari sakit pinggang dan leher saat berkendara

Seorang pengemudi yang duduk dalam kendaraannya dalam waktu yang lama, berpotensi mengalami sakit pinggang dan leher. Citroen UK dan British Chiropractic Association (BCA) yang bekerjasama untuk meningkatkan kesadaran para pengguna kendaraan kaitan dengan potensi tersebut, melakukan penelitian. Hasil penelitian tersebut menemukan setidaknya 5,5 juta pengemudi di UK dapat menderita karena terlalu lama mengemudi.

Penyebab yang paling utama yang mengakibatkan sakit tersebut karena kondisi duduk yang terlalu lama dengan posisi berkendara yang tidak nyaman. Kondisi seperti itu, akan berpengaruh pada tubuh, misalnya akan menyebabkan ketegangan pada otot sampai dengan menyumbat pembuluh darah.

Lantas, bagaimana langkah untuk mengatur agar posisi berkendara menjadi nyaman dan menghindari terkena sakit pinggang maupun leher karena lama berkendara? Berikut ulasannya.

Atur jok dan spion sebelum perjalanan

Bagian posisi sebaiknya sedikit bersender, hal ini guna memposisikan duduk terasa lebih natural. Selain itu, spion diatur agar dapat melihat sekeliling mobil tanpa perlu menggerakan kepala secara berlebihan. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi kelelahan pada leher.

Duduk nyaman

Jok yang memiliki banyak pengaturan memiliki keuntungan untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Pengaturan lumbar pada jok, pinggang dapat bersender dengan nyaman. Hal ini dapat mengurangi risiko sakit pinggang secara signifikan.

Atur posisi lingkar kemudi

Tangan seharusnya memegang lingkar kemudi secara natural setelah duduk. Posisi siku seharusnya menekuk sedikit.

Atur posisi kursi agar dapat mengoperasikan pedal dengan baik

Jarak kursi seharusnya diatur dengan tepat dimana kaki berada pada posisi pedal secara natural. Penggunaan sepatu dengan sol empuk sangat direkomendasikan untuk berkendara. Bila Anda menggunakan high heels atau sol yang berukuran tebal, ini akan dapat membatasi pergerakan kaki. Selain kaki terasa tegang, respon dalam keadaan darurat akan berkurang.

Beristirahat secara berkala

Tubuh manusia sebenarnya tidak dirancang untuk duduk dalam waktu yang lama, sehingga sangat disarankan agar beristirahat setelah berkendara dalam waktu yang cukup lama agar terhindar dari sakit pinggang dan leher.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here