Ayo Nabung Saham, Kenali Keuntungan dan Resikonya sekarang!

Ayo Nabung Saham, Kenali Keuntungan dan Resikonya sekarang!

Saham adalah bentuk kepemilikan dari suatu perusahaan. Jadi jika kamu nabung saham, maka kamu telah membeli salah satu bagian dari sebuah perusahaan tersebut. Namun, tidak semua perusahaan dapat kamu beli sahamnya. Hanya perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) saja yang dapat kamu beli sahamnya.

Bagi masyarakat awam di Indonesia, nabung saham atau investasi saham sering terkait dengan modal yang besar dan kesulitan yang tinggi. Dengan pandangan ini, maka tak heran jika nabung saham belum banyak diminati oleh masyarakat luas.

Pandangan inilah yang menjadi dorongan munculnya program ‘Yuk Nabung Saham’ yang digulirkan oleh BEI. Dalam kampanye ini, berinvestasi saham diibaratkan seperti menabung. BEI mengajak masyarakat untuk berinvestasi saham secara rutin dan berkala tiap bulannya.

Keuntungan Nabung Saham

Terdapat dua keuntungan yang bisa kita dapat dengan nabung saham ini.

Dividen (Pembagian Laba)

Dividen merupakan istilah untuk pembagian laba/keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Jadi, ketika perusahaan mendapatkan laba yang besar maka kamu pun diberikan laba yang besar pula.

Biasanya, pembagian keuntungan ini dihitung dari saham per satu lembar yang dimiliki oleh para pemegang saham. Makin banyak lembar saham yang kamu miliki maka makin besar keuntungan yang dapat kamu dapatkan.

Capital Gain (Kenaikan Harga Saham)

Berbeda dengan dividen yang diperoleh dari keuntungan perusahaan, capital gain ini didapat dari selisih harga beli dah harga jual saham.

Jadi, keuntungan ini didapat ketika harga jual dari saham lebih tinggi dibandingkan ketika kamu membeli harga saham tersebut sebelumnya.

Contohnya, kamu membeli saham A yang harga per lembarnya sebesar Rp 3.000. Kemudian kamu menjualnya saat nilai saham di angka Rp 4.000 per lembar. Nah, berarti kamu akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembarnya.

Capital gain ini terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan saham di bursa efek.

Resiko Menabung Saham

Setelah kita mengetahui keuntungan yang didapat jika kita nabung saham, maka kita pun perlu tahu resiko yang bisa terjadi ketika kita melakukan investasi saham ini.

Terdapat dua resiko yang bisa terjadi ketika kamu nabung saham. Berikut penjelasannya.

Capital Loss (Penurunan Harga Saham)

Resiko pertama yang dapat terjadi adalah kebalikan dari capital gain, yakni capital loss. Hal ini terjadi sebaliknya dari capital gain, yakni ketika harga jual dari saham lebih rendah dibandingkan ketika kamu membeli harga saham tersebut sebelumnya.

Contohnya, kamu membeli saham A yang harga per lembarnya sebesar Rp 3.000. Sayangnya kamu justru menjualnya saat nilai saham berada di angka Rp 2.500 per lembar. Dengan begitu kamu mengalami kerugian sebesar Rp 500 per lembar.

Jika kamu memiliki 100 lembar saham, maka kamu rugi sebesar Rp 500 x 100 atau Rp 50 ribu.

Suspend

Suspend ini terjadi ketika saham diberhentikan perdagangannya oleh bursa efek. Dengan adanya suspend ini, maka kita selaku pemilik saham tidak bisa menjual saham yang kita miliki hingga suspend yang diberlakukan dicabut.

Terdapat beberapa sebab mengapa suspend ini terjadi, berikut beberapa penyebabnya.

  1. Harga saham turun drastis dalam waktu singkat
  2. Perusahaan dipailitkan oleh kreditornya.
  3. Perusahaan tidak memberikan persyaratan yang diminta oleh otoritas bursa. Seperti misalnya tidak memberikan laporan keuangan hingga waktu yang ditentukan.

Bursa efek kemudian akan melakukan analisa apakah suspend perusahaan tersebut bisa dicabut atau tidak.

Meskipun kita telah mengetahui manfaat yang dihasilkan dengan nabung saham, tentunya kita pun perlu mempertimbangkan pilihan dimana kita mesti nabung saham tersebut. Pertimbangan-pertimbangan ini perlu kita lakukan agar meminimalkan resiko yang bisa kita dapatkan nantinya.

Oleh karena itu, edukasi lebih mendalam terhadap pasar saham ini tentu perlu dilakukan jika kamu berminat untuk terjun di dunia saham ini.

Jika kamu berminat untuk belajar lebih dalam tentang investasi pada saham, edukasi saham terbaik bisa kamu dapatkan di asiachart.net tepatnya di edukasi.asiachart.net. Disana kamu bisa dapatkan semua hal yang perlu kamu ketahui untuk terjun di dunia saham.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti seminar tentang saham ini, kamu juga dapat datang di seminar yang dilakukan oleh Asiachart.

Seminar dilakukan dua kali seminggu, pada Jum’at pukul 14.00 dan Sabtu pukul 10.00 yang berlokasi di GD. MNC FINANCIAL CENTER LT. 13, Jl. Kebon Sirih Kav.21-27 Jakarta Pusat.

Untuk lokasi kantor Asiachart, kamu dapat mengunjungi Gd. MNC Financial Center lt.14 Jl. Kebon Sirih Kav.21-27 Jakarta Pusat Telp. 021-29803176 dan 021-29803276

Tinggalkan komentar