Bagaimana Para Millenial Berwisata? ini 5 Fakta Uniknya

0
8
fakta wisata generasi millenial

Wisatawan Millenial – Pada bulan Desember 2019 kemarin, Mozilla mengadakan survei untuk melihat tren wisatawan millenial Indonesia. Survey tersebut dilakukan terhadap 501 responden yang berusia 18 sampai dengan 32 tahun di area Jabodetabek.

Lantas, bagaimana fakta mengenai para wisatawan millenial Indonesia? Berikut ulasannya.

Millenial lebih suka berwisata bersama keluarga

tribunnews.com

Generasi millenial menjadikan musim liburan sebagai momen yang penting. Hasil survei menunjukkan bahwa 88% respon melakukan wisata pada waktu-waktu tertentu, seperti pada akhir tahun, pertengahan tahun, ataupun di tanggal-tanggal Merah. Ada hal menarik selanjutnya, bahwa Generasi millenial saat berwisata memiliki persentase lebih banyak untuk bersama keluarga (66%), dan disusul dengan bersama teman (20%) dan berwisata bersama pacar (9%).

Lebih suka destinasi wisata domestik

Pantai Tanjung Bira, Sulawesi. Sumber: bobobox.co.id

Dibandingkan berwisata ke luar negeri, 77% responden memilih untuk berwisata di dalam negeri, meskipun mereka memiliki uang untuk berwisata ke luar Negeri. Selanjutnya, Generasi Millenial menjadikan keunikan suatu tempat wisata sebagai suatu pertimbangan dalam memilih tempat tujuan berwisata mereka.

Berbicara masalah jangkauan wisata, 68% menyampaikan bahwa mereka lebih suka untuk menjelajahi ke berbagai tempat dalam satu wilayah. Adapun sisanya, 32%, memilih untuk pergi ke berbagai kota namun tidak menjelajah secara keseluruhan.

Foto dan video adalah hal terpenting

akurat.co

Sebagian besar responden, 94%, menyampaikan bahwa lama liburan idealnya adalah satu sampai tujuh hari. Mereka pun menyampaikan bahwa libur yang terlalu lama bukanlah yang yang disukai.

Nah, dengan waktu yang tidak terlalu banyak, generasi millenial lebih menginginkan untuk mengabadikan setiap momen perjalannya dengan menciptakan kenangan yang akan terus bertahan seumur hidup mereka. Hal ini terbukti dimana setengah responden memiliki anggapan bahwa menggambil foto ataupun video yang bagus itu merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan selama liburan.

Foto-foto yang diambil oleh mereka, mencakup pemandangan, atraksi wisata, makanan, ataupun aktivitas lainnya. Selain itu, Millenial selalu menyimpan ragam pengalamannya di platform digital.

Media sosial jadi sumber referensi utama

idntimes.com

Sebelum melakukan kegiatan wisata, Millenial merencanakan terlebih dahulu perjalanannya agar menjadi suatu hal yang berkesan bagi mereka. Hasil survei dari Mozilla, menyampaikan bahwa wisatawan millenial memilih untuk tidak menggunakan agen travel.

Wisatawan mendapatkan informasi mengenai tempat wisata mereka sebanyak 72% dari Instagram, 62% mendapatkan referensi dari Youtube, dan 40% mendapatkan dari Facebook.

Millenial suka berbagi informasi wisata melalui media sosial

fakta wisata millenial
Wisata Kulonprogo. Sumber: solopos.com

Sebagian responden menyimpan informasi sekaitan wisata dalam bentuk digital. Selain itu, 47% respon sering membagikan pengalaman dan informasi wisatanya melalui media sosial ataupun aplikasi chatting yang mereka gunakan. Adapun hanya 18% dari responden yang menyampaikan pengalaman dan informasi wisata melalui tatap muka.

Berdasarkan survei ini, media sosial menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam proses wisatawan millenial karena mayoritas responden memiliki kecenderungan untuk membagikan pengalamannya melalui media sosial yang mereka gunakan. Generasi millenial memilih cara yang paling efisien untuk mengakses informasi di Internet.

Berdasarkan survei ini, Mozzila memperkenalkan fitur travelling terbaru, yakni Firefox lite. Fitur ini memberikan kesempatan untuk pengguna menjelajahi kota-kota baru dan menyusun daftar destinasi impian dalam satu aplikasi saja.

Fitur ini memberikan fasilitas kepada pengguna nutuk mengakses tips dan informasi dari traveller lainnya secara langsung/real time. Selain itu, fitur ini membantu pengguna untuk mendapatkan informasi wisata dari media sosial.

Demikian 5 Fakta mengenai Wisatawan Generasi Millenial di Indonesia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here