Beranda Uncategorized Belajar Filsafat dan 9 Keutamaannya

Belajar Filsafat dan 9 Keutamaannya [Wajib Tahu]

0
2

Belajar Filsafat – Bagi sebagian orang, filsafat merupakan ilmu yang sangat menyeramkan. Betapa tidak, mereka menganggap filsafat merupakan ilmu yang menyesatkan, bahkan tak jarang orang-orang menyebut bahwa seseorang yang belajar filsafat akan menjadi atheis, hidupnya menjadi bebas tanpa aturan, semrawut, bicara ngawur dan paling parah menjadi orang gila. Padahal sejatinya filsafat merupakan induk segala ilmu. Tanpa filsafat, ilmu tidak akan berkembang. Tanpa filsafat, peradaban pun tidak akan terwujud.

Belajar filsafat merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan. Ia mampu menjawab berbagai macam pertanyaan, tentunya melalui metode berpikir yang logis, masuk akal, luas dan tidak bergantung pada norma dan dogma. Mengutip dari laman life.idntimes.com, terdapat beberapa keutamaan jika kita belajar filsafat, yaitu sebagai berikut:

Menjadi sosok manusia yang kritis

Filsafat akan menjadikan kita sebagai seseorang yang mempunyai pemikiran yang kritis. Melalui belajar filafat, pemikiran kita terbentuk secara diplomatis. Dengan begitu kita akan menjadi sosok yang peka terhadap lingkungan sekitar dengan tetap bersikap anti-apatis.

Menjadi seseorang yang berpikir secara rasional dan logis

Terkadang ketika menghadapi berbagai permasalahan hidup, kita selalu berputus asa dan menyerah begitu saja. Padahal sejatinya masalah-masalah tersebut hendaknya dihadapi dengan pemikiran yang jernih. Dengan belajar filsafat, secara tidak langsung kita akan menjadi sosok pemikir yang logis dan rasional. Ketika kita berpikir secara logis dan rasional, maka berbagai masalah kehidupan pun akan dapat kita atasi baik.

Menjadi pemikir yang independen

Seseorang yang berpikir secara independen akan mampu menghasilkan pemikiran yang pragmatis dan terbuka. Kita akan selalu menjadi penengah dan selalu berusaha mengambil jalan tengah, dimana pemikiran tersebut jangan sampai merugikan banyak pihak. Banyak orang yang hanya berpikir secara konvensional dan membuat hidupnya menjadi sistematis, namun berpikir secara independen akan membuat kita dapat melangkah lebih maju.dan tidak harus bergantung pada pemikiran orang lain.

Mampu Berpikir secara fleksibel

Pada dasarnya belajar filsafat itu bersifat dinamis, tidak selalu bergantung pada satu aturan dan kaidah. Filsafat menjadikan kita sebagai sosok yang memiliki fleksibilitas dalam berpikir, mempunyai motivasi untuk menerapkan hal baru. Kita tidak selalu harus terikat pada ide-ide lama. Kita dapat menemukan ide-ide baru yang lebih efektif, lebih bermanfaat dan lebih solutif.

Menjadi sosok yang berwawasan luas

Belajar filsafat secara tidak langsung menambah wawasan kita. Pengetahuan kita akan lebih luas, yang membuat kita lebih terampil dalam berbagai bidang. Perlu diketahui bahwasanya peradaban dunia hakikatnya dibangun berdasarkan pemikiran-pemikiran yang bermacam-macam. Filsafat dengan berbagai macam teori-teori kehidupannya, membuat kita sadar bahwa kehidupan itu sangatlah berharga.

Mampu menganalisis setiap permasalahan

Filsafat menjadikan kita sebagai sosok yang pandai menganalisis permasalahan, dimana saat itu kita dapat mempertahankan pendapat, kemudian mengembangkannya secara sehat dan rasional. Pendapat tersebut pun dianalisis dengan menggunakan nalar yang tepat, tidak dengan otot ataupun otoritas intervensi.

Menjadi sosok manusia yang skeptis

Mungkin ini yang paling ditakutkan orang dalam berlajar filsafat. Padahal sejatinya, skeptis bukanlah mengharuskan kita agar menjadi sosok agnostik atau atheis, namun skeptis ini lebih mengarah pada bagaimana kita mengamati situasi dan lingknungan sekitar. Kita tidak akan langsung percaya pada suatu kejadian, peristiwa ataupun berita, tapi kita akan berusaha terlebih dahulu mencari bukti yang kredibel dan valid, sehingga tidak termakan oleh berita bohong atau hoax.

Mampu Memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi berdasar sebab-akibat

Prinsip Sebab akibat ini disebut pula kausalitas, bahwasanya segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tentu ada sebab yang mengawalinya. Artinya ketika kita belajar filsafat, maka kita tidak akan menjawab dengan kata “tidak tahu” ketika muncul pertanyaan bagaimana sesuatu itu bisa terjadi. Namun kita akan menjawabnya secara logis, rasional dan tepat, karena sebelumnya kita sudah mempunyai wawasan yang luas.

Mampu Menjawab segala pertanyaan tentang kehidupan

Pada hakikatnya, Filsafat merupakan jawaban dari segala pertanyaan. Kehidupan yang sedang kita jalani sebenarnya harus kita ketahui hakikat yang ada didalamnya. Pastinya kita pernah berpikir dan bertanya “Siapa sebenarnya kita?, “Apa tujuan hidup kita?”, “Apa itu kehidupan?”. Semua pertanyaan tersebut dapat kita temukan dengan metode dan cara yang tepat.

Begitulah 9 keutamaan belajar filsafat, yang tentunya dalam belajar filsafat ini tetaplah harus dibimbing oleh seorang guru dan diselingi ilmu lainnya sebagai refreshing pemikiran kita dalam memahami filsafat. Yuk belajar filsafat.

Kontributor: Dede Fauzi

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here