Begini Cara Daftar BPJS [Lengkap]

0
0

Cara Daftar BPJS Рkita sadari bahwa kesehatan adalah yang berharga dalam hidup. Betapa tidak, dewasa kini harga obat yang tersedia dan pengobatan semakin mahal. Memang ada asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta, namun bagi masyarakat menengah kebawah hal itu masih terbilang mahal. Maka dari itu pemerintah Indonesia membuat program asuransi kesehatan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan, dimana program ini pertama kali didirikan pada  tanggal 1 Januari 2014 lalu. Dengan harapan agar setiap kebutuhan masyarakat dapat diakomodasi jaminan sosialnya, khususnya kesehatan. Program ini masih sangat kurang dalam sosialisasi, sehingga masih banyak masyarakat yang belum tahu cara mendaftar BPJS Kesehatan ini. beginilah cara daftar BPJS Kesehatan:

Daftar Offline

Sejatinya BPJS kesehatan hampir sama dengan asuransi lainnya, terdapat 2 cara untuk mendaftarnya, yaitu offline dan online. Bagi masyarakat yang belum paham akan internet, maka hendaklah mendaftar melaui offline. Adapun cara daftar BPJS secara offline, biasanya diperlukan Berkas-berkas yaitu sebagai berikut:

  1. Kartu Identitas yang masih berlaku (aktif) seperti KTP, SIM, Paspor dan kartu identitas lainnya;
  2. Kartu Keluarga (KK) keluaran terbaru;
  3. Buku nikah, bagi anda yang sudah menikah;
  4. Fotokopi akta kelahiran anak (bila sudah mempunyai anak) atau surat keterangan lahir yang menerangkan bahwa anak tersebut menjadi tanggungan;
  5. Untuk Warga negara asing, bisa melampirkan KITAS atau KITAP;
  6. Pas foto resmi ukuran 3×4 sebanyak dua lembar, dan
  7. Fotokopi buku tabungan yang nantinya sebagai penanggung biaya.

Setelah mengumpulkan berkas, selanjutnya kita dapat datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa berkas-berkas diatas. Jangan lupa, kita harus menyiapkan uang iuran bulan pertama, dimana uang iuran ini dapat kita sesuaikan dengan kemampuan atau kelas yang diinginkan, biasanya terdapat kelas 25 ribu, 42 ribu sampai 59 ribu. Ketika sampai dikantor BPJS Kesehatan, kita akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Isilah formulir tersebut dengan data yang benar dan sesuai fakta yang sebenarnya. Biasanya dalam formulir itu terdapat beberapa poin seperti nama, alamat, jenis iuran yang dipilih, dan lain sebagainya. Jika dirasa sulit untuk mengisinya, maka kita bisa tanyakan pada petugas yang ada.

Setelah mengisi formulir, maka kita serahkan kembali formulir tersebut ke petugas yang ada untuk dilakukan proses submit ke sistem yang telah dibuat. Tak lama kemudian kita akan mendapatkan nomor virtual account yang merupakan data peserta BPJS Kesehatan, selain itu kita pun akan mendapatkan besaran iuran yang harus segera dibayar. Untuk melakukan pembayaran iuran, kita memilih bank yang telah bekerja sama dengan BPJS. Setelah melakukan pembayaran, maka bukti pembayaran tersebutk ita serahkan ke petugas untuk dilakukan pencetakan kartu BPJS Kesehatan dan setelah itu kita akan mendapatkan Kartu BPJS, dimana kartu tersebut akan aktif setelah 14 hari kerja, yang dihitung dari hari pembuatan kartu.

Daftar Online

Berbeda dengan cara daftar BPJS secara offline, untuk mengonfirmasi pendaftaran, kita harus menyiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan seperti pendaftaran offline. kemudian buka laman www.bpjs-kesehatan.go.id. Klik bagian pendafatran dan isi data-data yang telah disediakan dengan benar dan fakta yang sebenarnya. Setelah pilih biaya iuran perbulan yang diinginkan sesuai kemapuan kita. Kemudian simpan data kita. Tak lama, kita cek email dan kita akan mendapat notifikasi nomor registrasi. Setelah itu cetak lembar virtual account tersebut.

Untuk mengaktifkan BPJS, kita harus melakukan pembayaran terlebih dahulu di bank yang mana telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Setelah kita menyerahkan uang dan nomor virtual pada bagian teller bank, kita akan mendapatkan bukti pembayaran dari bank dan BPJS kesehatan kita sudah aktif.

Mengenai kartu, kita dapat mengecek email balasan dari BPJS yiatu berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, kartu elektronik tersebut bisa kita print sendiri. Kalaupun sulit, kita bisa mencetak kartu BPJS tersebut di kantor cabang BPJS terdekat. Kita bisa langsung masuk ke bagian Print kartu BPJS Kesehatan. Cukup dengan memberikan semua data sebelumnya, formulir isian, virtual account, dan bukti pembayaran. Maka kartu BPJS pun dapat kita cetak.

Gimana? Mudah kan? Yuk daftar BPJS Kesehatan!

Kontributor: Dede Fauzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here