Ini 5 Fakta mengenai Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat Dunia

0
7
fakta ibnu battuta

Berbicara mengenai penjelajah dunia, biasanya kita hanya mengenal Marco Polo atau Cristopher Colombus. Namun, ternyata ada penjelajah lainnya yang menghabiskan waktu sampai 29 tahun untuk mengarungi samudera dan mengelilingi dunia. Dialah Ibnu Battuta, Sang Penjelajah terhebat di dunia yang selama mengelilingi dunia sudah sekitar 120 ribu km jarak yang ditempuh, dan banyak negara yang sudah dikunjungi. Mau lebih lanjut mengenai Ibnu Battuta? Yuk kenal lebih lanjut.

Ibnu Battuta merupakan tokoh yang lahir dan besar di lingkungan Muslim

5 Fakta tentang Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat di Dunia
ancient-origins.net

Ibnu Battuta lahir pada tanggal 24 Februari 1304 di Tangier, maroko. Maroko merupakan wilayah dengan kesultanan Islam, dan Ibnu Battuta tumbuh besar di kalangan keluarga Muslim.

Ibnu Battuta sudah terlihat cerdas sejak kecil. Dirinya menghabiskan waktu dengan banyak belajar membaca, menulis, matematika, sains, dan juga hukum Islam. Karena keahliannya dalam hukum Islam, ketika Ibnu Battuta mengembara ke berbagai tempat, dirinya kerap juga diminta sebagai Qadi (hakim).

Selama satu setengah tahun melakukan perjalanan ke Mekkah saat usianya masih Muda

5 Fakta tentang Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat di Dunia
history.com

Pada umur yang masih muda, 21 tahun, Ibnu Battuta sudah melakukan perjalanan dan ketika itu memutuskan untuk melakukan ziarah dan ibadah naik haji ke kota suci Makkah. Ketika itu, perjalanan dari Maroko ke Kota Makkah bukan perjalanan yang sederhana, sehingga dirinya menyempatkan untuk meminta doa kepada keluarganya untuk diberikan keselamatan.

Maroko yang notabane di Afrika, berjarak ribuan kilometer dari Makkah. Dirinya harus melalui Afrika Utara untuk sampai ke kota makkah. Saat perjalanan, Ibnu Battuta bergabung dengan kafilah yang ada, dan melewati berbagai macam kota, ada Tunis, kairo, Damaskus, dan Yerusalem. Ibnu Battuta akhirnya sampai di kota Makah satu setengah tahun kemudian.

Meneruskan pengembaraan ke Timur Tengah dan Afrika

5 Fakta tentang Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat di Dunia
thoughtco.com

Perjalanan yang cukup panjang dilalui Ibnu Battuta, dan hal ini membuatnya merasakan kesukaan dalam pengembaraan. Ia menyukai untuk melihat tempat-tempat baru, dan menikmati ragam budaya serta orang yang dia temui. Sehingga, alih-alih kembali ke Maroko, dirinya kemudian memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya.

Tercatat, selama 29 tahun Ibnu Battuta melakukan perjalanan mengelilingi dunia. Hal pertama yang dia lakukan adalah perjalanan menuju Irak dan Persia untuk menjelajahi Jalur Sutra, seperti: Baghdad, Tarbiz, dan Mosul. Setelahnya, Ia melanjutkan ke pantai timur Afrika di Somalia dan Tanzania. Setelah dirinya melihat pantai Afrika, ia memutuskan kembali untuk berhaji.

Sempat menetap sebentar di India dan Tiongkok, lalu ke Eropa

5 Fakta tentang Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat di Dunia
history.com

Tidak hanya di Asia dan Afrika, Ibnu Battuta pun melanjutkan perjalanannya ke sebelah utara sampai Anatolia (Turki) dan semenanjung Krimea. Dirinya kemudian melanjutkan mengunjungi Konstantinopel dan melanjutkan ke arah timur sampai ke India. Selama di India, Ibnu Battuta menerima pekerjaan sebagai seorang Hakim dan bekerja untuk Sultan Delhi. Setelah beberapa tahun, ia kembali melanjutkan perjalanan sampai ke Tiongkok, dan pada tahun 1345 dirinya tiba di Guangzhou.

Setelah menghabiskan waktu selama setahun di Tiongkok, akhirnya Ibnu Battuta memutuskan untuk kembali pulang ke Maroko. Namun, ketika hampir sampai, seseorang mengabarkan kepadanya bahwa orangtuanya telah meninggal. Akhirnya, ia memilih untuk melanjutkan ke Andalusia, yang kemudian dilanjut ke Mali, sebagai jantung Afrika.

Pulang kampung dan menuliskan kisahnya

5 Fakta tentang Ibnu Battuta, Sang Penjelajah Terhebat di Dunia
bbc.co.uk

Akhirnya, menjelang akhir hidupnya di tahun 1354, Ibnu Battuta kembali ke Maroko. Pengalamannya berkeliling dunia, mendorong penguasa Maroko ketika itu menugaskan para cendekiawan disana untuk menuliskan kisah perjalanan ibnu Battuta. Akhirnya, sebuah buku lahir dengan judul Rihla, yang artinya adalah Pengembaraan.

Itulah lima fakta mengenai Ibnu Battuta, salah satu penjelajah terhebat di dunia. Kamu mau juga seperti Ibnu Battuta? 🙂

Nah, itulah lima fakta tentang Ibnu Battuta, salah satu tokoh pengembara terhebat di dunia yang berhasil mengunjungi banyak tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here