Mengenal Nasi Tumpeng

0
1

Sajian khas nusantara yaitu Tumpeng banyak dijumpai di acara-acara kebudayaan. Berbicara tentang nasi tumpeng pastinya berkaitan dengan budaya masyarakat khususnya masyarakat di Pulau Jawa. Tumpeng atau nasi tumpeng merupakan bagian penting di banyak acara syukuran atau selamatan yang sering dilakukan masyarakat Jawa. Tumpeng bukan sekedar tumpukan nasi dengan dikelilingi lauk pauk, tetapi memiliki filosofi dan arti sendiri di setiap bagian yang ada di nasi tumpeng. Ada beberapa jenis nasi tumpeng yang bisa ditemui di masyarakat Jawa, seperti jenis tumpeng berikut.

Ada beberapa jenis nasi tumpeng yang bisa ditemui di masyarakat Jawa, seperti jenis tumpeng berikut.

Jenis Tumpeng Maknanya

Nasi tumpeng juga sangat erat hubungannya dengan budaya masyarakat. Beberapa orang mungkin hanya tahu tumpeng yang berupa nasi kuning berbentuk kerucut, ternyata di Indonesia memiliki beberapa jenis tumpeng seperti berikut.

Tumpeng Romyong

Jenis tumpeng yang satu ini umumnya digunakan pada acara siraman. Tradisi yang biasa dilakukan pada pernikahan Jawa. Banyak masyarakat yang sudah mengenal nasi tumpeng ini. Nasi yang digunakan adalah nasi putih yang dibuat kerucut dan diletakkan di tengah tampah. Ciri khas dari tumpeng robyong adalah pada bagian atas atau puncak tumpeng yang beri telur ayam, bawang merah, dan cabai. Untuk di sekeliling tumpeng juga diberi berbagai lauk-pauk khas nasi tumpeng.

Tumpeng Gundhul

Jenis tumpeng gundul banyak ditemui pada acara-acara kelahiran. Tumpeng yang hanya terdiri dari nasi dan bubur beras. Mengenal nasi tumpeng yang digunakan untuk acara kelahiran ini memiliki arti seseorang yang masih polos dan suci. Untuk menyajikan bubur beras di sekeliling tumpeng utama menggunakan daun pisang sebagai mangkuk.

Tumpeng Kendhit

Jenis tumpeng yang satu ini mungkin yang paling banyak diketahui masyarakat. Dibuat dari nasi kuning dan dibuat kerucut dengan bagian bawahnya dikelilingi sewiran telur dadar. Untuk lauk tumpengnya pun sangat beragam, mulai dari tahu, telur, daging ayam, mie, dan urap-urapan yang berupa sayur mayur.

Nah, dari ketiga jenis itu, Anda sudah mencoba yang mana? Adapun bila Anda ingin menjadikan nasi tumpeng sebagai bagian dari hangatnya keluarga, Anda bisa untuk Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Selatan dan bergabung menjadi keluarga besar kami.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here