Mengenal Media Social Marketing (SMM)
Social Media Marketing (SMM)

Mengenal Media Social Marketing (SMM)

Social Media Marketing (SMM) atau pemasaran dengan menggunakan Media Sosial adalah salah satu cara digital memasarkan sebuah barang atau jasa. Pemasaran yang digunakan adalah beberapa platform sosial ataupun situs web yang menjangkau banyak pengunjung.

Strategi ini tengah digemari saat ini, mengingat perkembangan media sosial yang sangat pesat. Sehingga pemasaran melalui sosia media ini sangatlah efektif.

Untuk Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang social media marketing ini, Anda dapat menyimak artikel ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Sosia Media Marketing (SMM) atau Pemasaran Melalui Media Sosial

Sosial Media Marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang salah satu cara pemasarannya dengan menggunakan platform sosial yang digunakan oleh banyak pengguna.

Berbeda dengan strategi pemasaran lainnya, pemasaran melaui media sosial ini sangat kental akan interaksi antara pelanggan dan pemasar. Dimana pada platform ini, pemasar melakukan soft selling kepada para pelanggannya.

Berbeda dengan strategi pemasaran lain yang bersifat hard selling, social media marketing menjua produk dan layanannya dengan memberikan kepercayaan dan feedback positif kepada pelanggannya. Dimana hal pertama yang kita tawarkan adalah solusi dari masalah yang dibawa oleh pengunjung.

Kunci keberhasilan socia media marketing ada pada branding produk atau layanan yang kita miliki. Sejauh apa kita mampu eksis di platform sosial tersebut, sehingga apapun produk atau layanan yang kita luncurkan dapat diketahui banyak orang dan dapat dipercaya mampu memecahkan masalah pelanggan tersebut.

Eksistensi ini didapat dengan cara brand awareness (menyebarkan kesadaran merek), melibatkan prospek dan pelanggan melaui konten yang kita sediakan, mengarahkan traffic pelanggan pada situs web kita, dan yang lainnya.

Jika disimpulkan, tahapan seorang marketer untuk dapat berhasil dalam sosial media marketing ini adalah:

  1. Hadir pada platform sosia yang populer
  2. Menemukan dan menjangkau pelanggan dan calon pelanggan melalui cara berbayar (beriklan) maupun organik (membuat konten)
  3. Setelah mendapatkan pelanggan yang cukup, mulai mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan
  4. Merawat pelanggan dengan sering berinteraksi untuk meningkatkan konversi dan ROI

Jenis dan Platform Social Media Marketing

Social Media Marketing Platform

Populasi dunia saat ini mencapai lebih dari 7 miliar orang, sekitar 3 miliar orang di dunia ini merupakan orang yang aktif di media sosial. Dengan melihat jumlah ini saja, tak heran jika saat ini sosial media marketing menjadi salah satu strategi jitu untuk mendapatkan profit.

Berikut beberapa platform media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak di dunia.

Facebook

Facebook masih memuncaki peringkat pertama dalam pengguna aktif media sosial. Rata-rata pengguna aktif bulanan dari Facebook mencapai 2,38 miliar orang dengan rentang umur 18 – 45+ tahun.

Terlepas dari apapun bidang yang Anda geluti, Anda sangat perlu untuk hadir pada platform Facebook ini mengingat jumlah pengguna aktif bulanan yang sangat tinggi tersebut.

Sangat besar kemungkinannya, Audiens atau pelanggan Anda itu menggunakan Facebook sebagai salah satu platform media sosial.

Bisnis dapat menggunakan Facebook untuk berbagi konten, terlibat dengan pelanggan, menjalankan iklan, atau bahkan menggunakannya sebagai platform untuk memberikan dukungan pelanggan.

Youtube

Platform kedua yang perlu Anda perhatikan adalah Youtube besutan dari Google. Pengguna aktif bulanan Youtube tercatat mencapai 1,9 miliar orang dengan rentang umur pengguna mulai dari 18 tahun hingga 55+ tahun.

Pada platform ini, pemasaran produk atau layanan menggunakan konten video sebagai sarana promosinya.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan mengapa memilih Youtube sebagai salah satu platform pemasaran digital:

  • Youtube merupakan saah satu mesin pencari kedua terpopuler setelah Google
  • Dimiliki oleh perusahaan raksasa Google
  • Jika pesaing Anda sudah ada di Youtube, maka Anda perlu memulai promosi di Youtube

Instagram

Platform media sosial ketiga yang tak kalah penting adalah Instagram. Instagram ini juga tak kalah pentingnya dibandingkan dengan saudaranya, yakni Facebook. Kedua platform ini memiliki ciri khas masing-masing.

Jika di Facebook kita dituntut untuk membuat sebuah komunitas, maka Instagram mengharuskan kita membuat sebuah konten baik video ataupun foto yang menarik untuk pelanggan.

Hingga saat ini, pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai 1 miliar orang dengan kelompok umur penggunanya berada di usia 18 tahun hingga 35 tahun.

Jika Anda berniat memasarkan produk fisik, maka platform ini salah satu platform yang cocok untuk Anda gunakan.

TikTok

Terakhir, ada TikTok yang tengah naik daun saat ini. Tidak jauh berbeda dengan Instagram, platform asal Tiongkok ini juga berorientasi pada konten video.

Hingga saat ini, TikTok sudah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanannya dengan rentang usia 10-29 tahun.

Dengan rentang usia yang lebih muda, maka platform ini cocok untuk menargetkan kaum milenial dan Gen Z dalam promosi produknya.

Itulah sedikit hal tentang Social Media Marketing atau pemasaran melaui media sosial yang perlu diketahui. Sebenarnya masih banyak pembahasan mendalam tentag SMM ini, namun untuk pemula saya rasa cukup dengan mengenal terlebih dahulu Socia Media Marketing itu apa.

Untuk strategi dan hal lainnya, mari kita bahas di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply