Mengenal Sejarah Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka

Bagi orang Jakarta dan Sekitarnya, sepertinya tidak akan asing dengan salah satu universitas ternama di Jakarta ini. Ya, nama Universitas ini adalah Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka atau biasa disingkat UHAMKA

Kenalan lebih jauh yuk, dengan universitas ini.

Sejarah Pendirian

UHAMKA merupakan perubahan bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) MUhammadiyah Jakarta, dengan nama semula adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG).

PTPG ini diresmikan pada tanggal 25 Rabiul Awal 1377 H/18 November 1957 M, dengan para pendiri di antaranya adalah Arso Sosroatmodjo (Ketua) dan HS Prodjokusumo (Sekretaris).

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, akhirnua pada tahun 1958 PTPG berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP) yang menginduk kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Pada tahun tersebut, FKIP dipercaya oleh Kementrian Agama untuk mendidik pegawainya untuk menjadi guru PGA yang bermutu.

Kemudian pada tahun 1965, akhirnya FKIP UMJ berdiri sendiri dengan nama IKIP Muhammadiyah Jakarta (IKIP-MJ) dan pata tahun 1979-1990 mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola Program Diploma Proyek Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Selanjutnya, pada tahun 1990-1997 IKIP-MJ mendapat kepercayaan untuk mengelola Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Program D2 PGSD kemudian berlanjut hingga tahun 2007, bahkan pada tahun 2007 UHAMKA (perubahan nama dari IKIP-MJ ke UHAMKA sejak tahun 1997) diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan Program PGSD S1 Reguler maupun Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Selain itu, UHAMKA juga diberikan kepercayaan untuk melaksanakan Program Sertifikasi Guru dan Pendidikan Profesi Guru, kepercayaan ini sangat mengesankan dan membesarkan hati karena hanya diberikan kepada sedikit perguruan tinggi swasta di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak.

Para pengelola IKIP-MJ melihat bahwa IKIP Muhammadiyah Jakarta perlu ditingkatkan terus peranannya untuk turut serta menyediakan SDM yang berkualitas, baik di bidang kependidikan maupun non-kependidikan, karena itu salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan mengkonversi IKIP Muhammadiyah Jakarta menjadi Universitas. Untuk itu dibentuk Tim Konversi Universitas yang diketuai oleh Prof. Drs. H. Sudarno Sinduwiryo, M.Ed.

Setelah melalui berbagai proses, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen DIKTI Depdikbud memutuskan dan menetapkan perubahan bentuk IKIP-MJ menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 138/DIKTI/Kep/1997, tanggal 30 Mei 1997.

PROGRAM UNGGULAN UHAMKA

UHAMKA sendiri sudah dikenal oleh khalayak ramai, salah satu yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah karena prestasi yang dicapai oleh UHAMKA itu sendiri.

Salah satu program sukses dari UHAMKA adalah program Kampus Merdeka. Program ini merupakan salah satu program yang dicetuskan oleh Kemendikbud RI.

Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Untuk mensukseskan program ini, UHAMKA berkontribusi dengan mendaftarkan beberapa mahasiswa unggulan dalam bersaing dan berpartisipasi pada program Kampus Merdeka ini.

Melalui beberapa akun media sosial milik UHAMKA, UHAMKA sering membagikan prestasi-prestasi yang dicapai oleh mahasiswanya. Terlebih lagi di lingkungan FKIP.

Salah satu keberhasilan program Kampus Merdeka ini adalah merdeka belajar yang tercapai di UHAMKA. Merdeka Belajar ini merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa UHAMKA dengan kampus lain di Indonesia.

Melalui berbagai macam prestasi yang diraih oleh Mahasiswanya, membuktikan bahwa UHAMKA sukses dalam melaksanakan program-program inovatif dari Kemendikbud.

Itulah sedikit tentang Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.